Translate

♥♥♥ Assalamualaikum.... Wellcome in my blog cintaukhti.blogspot.com... Kritik/Saran send an email to fnmutmainah@gmail.com ♥♥♥
Rabu, 03 September 2014

Arti Kesungguhan

Bagaimana saya memulainya, baiklah.. di pikiran saya akhir-akhir ini beterbangan kata 'kesungguhan'
Pertanyaan dasar saya adalah apa tentang kesungguhan.

Mari saya mulai tulisan ini dengan definisi,
menurut KBBI artinya (perbuatan) sungguh-sungguh; ketulusan.  oke, saya akan coba setuju dengan itu. (hei, aku juga tidak bisa mengelaknya kan -_- itu kan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, fitria!!) *lupakan

bicara mengenai kesungguhan... eh? menulis maksud saya, ya menulis tentang kesungguhan, bagaimana kita melihat kesungguhan seseorang dalam suatu hal? bagaimana kita bisa menilai orang itu ternyata sungguh-sungguh dalam melakukan suatu hal?

saya jadi tertarik dengan perkataan masyhur ini, "Kegagalan adalah cara Tuhan mengajari kita arti kesungguhan"
Sungguh menarik!

Bagi saya kegagalan yang sesungguhnya adalah kita menyalah gunakan arti kesungguhan itu sendiri, hemat saya apakah kita pantas berbangga hati, jika bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu bahkanmenghalalkan segala cara untuk mencapai sebuah keberhasilan? Tidak, saya kira.
Lalu, bagaimana dengan 'man jadda wajada', ya memang begitulah yang terjadi.. Siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil.
 Tapi, keberhasilan dihadapan siapa? Di hadapan manusia, untuk apa? Bukankah dibalik setiap keberhasilan yang kita dapatkan itu seharusnya kita mengharapkan ridha Allah juga hadir disana?

Maka, arti kesungguhan bagi saya adalah kesuksesan di mata Allah..
Jangan pernah takut melakukan kesungguhan yang dimata orang terlihat aneh, ga punya rasa solidaritas, tancapkan dalam hatimu satu hal ; ngalap ridha Pengeran (mengharap ridha Allah) [titik]. Jangan pernah takut berjalan diatas kebenaran, Allah menilai setiap usaha hamba-Nya. Jangan pikirkan bagaimana akhir semua kesungguhanmu, untuk hak prerogatif Allah. Hal yang dapat kita lakukan adalah melakukan ikhitiar, do'a dan usaha di jalan yang di ridhai-Nya.. maka jika kita tidak mendapatkan keberhasilan seperti yang di standartkan manusia, maka tetaplah tersenyum karena kita berhasil berpegang teguh dan bersungguh-sungguh di ridha-Nya..

sungguh disayangkan, bila kita menodai arti kesungguhan itu sendiri :)
Na'udzubillah.. summa Naudzubillahi min dzalik!

0 komentar:

Posting Komentar

Free Sparkle Multi Cursors at www.totallyfreecursors.com
 
;